Archive for April, 2010


Pengen berlayar di tengah samudera…

pengen berlayar  menjelajah negeri-negeri asing..

pengen berlayar mencari tantangan kemajuan…

namun apa dayaaaaaaaaaaaa…..

karena kapal yang ada cuman kapal dari kertas………

hehe……

hmm….

kerupuk adalah makanan yang merakyat, murah meriah tapi rasanya tetep enak….masakan kan sedikit hambar kalau ga ada kerupuk…..

menurut wikipedia, kerupuk itu penjelasannya ilmiah adalah begini :

Kerupuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Krupuk, kerupuk, or kroepoek in Indonesia; keropok in Malaysia; kropek in the Philippines; bánh phồng tôm in Vietnam; is a popular snack in parts of East and Southeast Asia. Krupuk are deep fried crackers made from starch and other ingredients that usually give the taste. Prawn based krupuk are popular types of krupuk. They are called krupuk udang in Indonesian, prawn crackers in British English, shrimp chips or shrimp crackers in American English, Nuvole di Drago (Dragon’s Clouds) in Italian, 炸庀虾片 (fried prawn crisps) in Chinese.

//

There are a number of variations on krupuk, many of which are made with seafood, but occasionally with fruits, nuts or vegetables; these variations are more usual in southeast Asia. Indonesia has perhaps the largest variety of krupuk. Sidoarjo in East Java and Garut in West Java are major producers of krupuk, and many recipes originate from there. A common variation, called emping is made from melinjo (Gnetum gnemon) nuts.

In Malaysia, krupuk are usually made by grinding fish, prawns, squid or vegetables into a paste, mixing with sago and then deep-frying it. It comes in three main forms: keropok lekor which is long and chewy, keropok losong (steamed) and keropok keping which is thin and crispy. It is frequently served with dipping sauces. [1][2]

Prawn based krupuk are the most widely available in the west, and are white or light brown in colour. Despite the high amount of shrimps used, any shrimp taste is usually quite subtle. Perhaps the most common form is the Indonesian krupuk udang, made with dried shrimp and hence a light shade of pink.

In Chinese cuisine, prawn crackers may use food coloring (including shades of white, pale pink, green and blue), and tend to be lighter and non-spicy. Prawn crackers are a traditional complementary side dish and may accompany takeaway Chinese food in Australia, the Netherlands, the United Kingdom and Ireland. Shrimp chips are usually served with roasted chicken dishes in Chinese restaurants.[citation needed]

Krupuk are made by mixing prawns, tapioca flour and water. The mixture is rolled out, steamed, sliced and sun dried. Once dry, they are deep-fried in oil (which must be at high heat before cooking). In only a few seconds they expand from thumb-sized semi-transparent chips to white fluffy crackers, much like popcorn, as water bound to the starch expands as it turns into steam. If left in the open air for more than a few hours (depending on humidity), they start to soften and become chewy and therefore are ideally consumed within a few hours of being fried. Storing the crackers in a low humidity environment or an airtight container will preserve the crispness. Packets of unfried prawn crackers may be purchased in oriental stores, or stores that specialise in Asian cuisine. In the Netherlands, Belgium, Suriname, France, Australia and the United Kingdom they are also widely available in general supermarkets.

Most varieties of krupuk can also be prepared in a microwave oven, in which a few discs can be cooked in less than a minute. This will usually cause them to cook and expand in a way similar to when they are deep fried. For small quantities, this method is less messy, faster and healthier, as the krupuk do not become as oily. However, this may cause the krupuk to retain a stronger aroma of raw shrimp which may not necessarily be pleasant.

hehe…itu bahasa inggerisnya, bahasa indonesianya adalah ini nih….

Kerupuk atau krupuk adalah makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung tapioka dicampur bahan perasa seperti udang atau ikan. Kerupuk dibuat dengan mengukus adonan sebelum dipotong tipis-tipis, dikeringkan di bawah sinar matahari dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak.

Kerupuk bertekstur garing dan sering dijadikan pelengkap untuk berbagai makanan Indonesia seperti nasi goreng dan gado-gado.

Kerupuk udang dan kerupuk ikan adalah jenis kerupuk yang paling umum dijumpai di Indonesia. Kerupuk berharga murah seperti kerupuk aci atau kerupuk mlarat hanya dibuat dari adonan sagu dicampur garam, bahan pewarna makanan, dan vetsin.

Kerupuk biasanya dijual di dalam kemasan yang belum digoreng. Kerupuk ikan dari jenis yang sulit mengembang ketika digoreng biasanya dijual dalam bentuk sudah digoreng.

Kerupuk kulit atau kerupuk ikan yang sulit mengembang perlu digoreng sebanyak dua kali. Kerupuk perlu digoreng lebih dulu dengan minyak goreng bersuhu rendah sebelum dipindahkan ke dalam wajan berisi minyak goreng panas.

Kerupuk kulit (kerupuk jangek) adalah kerupuk yang tidak dibuat adonan tepung tapioka, melainkan dari kulit sapi atau kerbau yang dikeringkan.

sumber : wikipedia

pesona Gunung Merbabu dan Merapi di daerah Jawa Tengah, perbatasan Magelang, Jogja dan Boyolali memang menyimpan pesona tersendiri yang belum banyak tergali…

ya belum banyak tergali, tapi bukan gali lubang tutup lubang hehe….

kenapa ya,,,kenapa bisa gali lubang tutup lubang…,,hmmm…kasihan juga,,,,harus ada yang bergerak,,,,masa dari dulu cuma begini aja….siapa yang memikirkan mereka…lubang itu ga boleh digali terus,,,negara indah dan makmur kok tanahnya selalu digali sih hehe…

kenapa ya.,,,,maksudku kenapa banyak potensi tersimpan yang sebenarnya bisa mendorong kekuatan dahsyat….halah lebay hehe..

Alam liar tak tersalur….alam liar tak terrawat…alam liar tak terjamah potensi keindahan….

Gunung Merapi,,,siapa orang indon yang ga kenal dengan selebritis para gunung di indonesia inih…bahkan Mbah Maridjan pun jadi tenar karena ada hubungannya dengan gunung Merapi,,,,

walau terkesan galak tanpa kompromi, ternyata hehe,,,,hmmm…gunung merapi mempunyai rahasia alam yang indah….

hari mendung tertutup kabut dingin,,,sangat dingin karena berada di ketinggian lebih dari 1500 meter di atas permukaan laut….aku jalan2 ke sana….tentu saja alhamdulillah dengan uang sendiri hehe….

hawa dingin sejuk menusuk tulang, angin pegunungan yang segar seakan membuai aku ke alam khayal tanpa batas….indahnya alam pegunungan yang tersimpan di sisi mata….menjadikan aku puas dan betah berada di sana..

pesona alam yang tersimpan, berada di jalan antara Magelang dan Boyolali tepat di kaki dua buah gunung, gunung Merbabu dan Merapi….

hmmm….hehe…

Malam-malam dingin gini enaknya makan bakmi goreng ya…

Yuk konco neng ndisik gembira
Alerak -lerak banyune segara
Angliyak numpak prau layar
Ing dino minggu ne pariwisata

Alon praune wis nengah
Byak byuk byak
Banyu tinengah
Ora jemu2 karo mesem ngguyu
Ngilangake rasa longgah lesu

Adek njawel mas jebul wis sore
Wite kelopo katon ngawe-awe
Prayogane becik bali wae
Dene sesuk esuk tumandang nyambut gawe.

Ini lagu mp3 dari campursari juga, dari Jawa Tengah,,,,asiknya didengerin sambil seminar, rapat, atau sidang atau apa lah hehe, artinya tentang sebuah perahu layar aja hehe…

hehe….

hmmm…

Kelinci Ucul

Ngubengi Kutho Sateruse
Ing Ndeso Ndeso
Mergo aku Anggoleki Sing Tak Tresnani

Kelinciku Ucul
Lungo Mengetansuroboyo

Terus Nyang Mbali

Mengulon Lungo Nyang Mbandung

Ora Ketemu

Terus aku Nyang Jakarta

Jebul Ora Ketemu

Adhuh Kelinciku

Ojo Mbledo Aku

Terus Balinyang Semarang

Kelinciku Wus Ono Kandang

Lan Jebulane Grusa Grusu

Keburu Nepsu

Wekasane Montang Manting

Ragade Akeh

aku Dhewe Kang Kebanting

Ini lagu berasal dari Jawa tengah, campursari….

artinya kurang lebih tentang seekor kelinci aja…hehe…

lagu ini lebih pas banget dah kalau dinyanyikan waktu jam kerja, khususnya pegawe kantoran, pegawe negeri, satpol pp hehe….

Hmmmm hehe…ternyata,,,

Eceng Gondok,,,hehehe…

Eceng gondok sebenarnya lebih dikenal sebagai hama, pengacau, perusuh bagi komunitas sebuah danau, rawa, sawah yang tenang….

eceng gondok kalau dibiarkan tidak dipotong dengan rutin maka akan dengan sekejap bisa memenuhi sebuah danau…

ya eceng gondok menyimpan kekuatan energi terpendam yang luar biasa…hmm…hehe…

bagi para petani, petambak, pengusaha ikan, eceng gondok dirasa menyebalkan,,,karena ya iyalah bagi mereka tanaman ini adalah hama yang mengganggu…

hanya belakangan ini ada beberapa orang yang memanfaatkan tanaman eceng gondok sebagai kerajinan semisal dibikin tas dsb…

HMmmm ternyata hehe…

dibalik kehadirannya yang dirasa lebih menyebalkan disamping menyenangkannnya, eceng gondok ternyata mempunyai bunga yang indah sekali, berwarna ungu….

yah kehadiran eceng gondok yang terasa menyebalkan bagi sebagian orang, berhasil aku ‘selamatkan’, aku suka dengan tanaman ini, aku ambil tanaman ini dan aku tempatkan di kolam di atas rumahku….menjadi teman dan tempat berteduh bagi ikan-ikanku, teman-teman sejatiku hehe…

suatu sore selepas hujan, hawa cukup adem dan sejuk, tumbuhlah dengan indahnya sang bunga,,,,ungu dan sangat cantik…..wow benar-benar mempesona….

TERNYATA   dibalik sesuatu yang aneh pada tanaman ini pun menghasilkan bunga yang indah dan eksotik juga…

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.